KURSUS BAHASA KOREA EPS TOPIK 2019 BOGOR

Kamis, 03 Oktober 2013

Syarat Daftar Tes EPS TOPIK

Ada beberapa Syarat Daftar Tes EPS TOPIK jenis PBT yang harus disiapkan dan dibawa saat kita akan melakukan pendaftaran di Universitas yang sudah ditunjuk oleh HRD SERVICE OF KOREA. Semua persyaratan harus dibawa dengan memperhatikan aspek-aspek estetika (kerapihan) dan aspek prosedural. Adapun Syarat Daftar Tes EPS TOPIK jenis PBT adalah sebagai berikut:

1. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Paspor.
                                                                                    Gambar: Foto scan KTP

Keterangan:
Fotocopy KTP adalah salah satu Syarat Daftar Tes EPS TOPIK yang utama, sebaiknya dokumen yang satu ini jangan di fotocopy hitam putih tapi dianjurkan di scan lalu di print berwarna agar tulisan data yang ada di KTP terlihat jelas terutama bagian foto wajah kita. Jangan sampai ada kesalahan dan perbedaan data terutama NAMA dan TEMPAT TANGGAL LAHIR yang ada di KTP dengan dokumen lainnya seperti: Kartu Keluarga, Ijazah, Akta Lahir, PASPOR. Karena bisa berakibat fatal dikemudian hari dan dipastikan jika hal ini terjadi maka harapan Anda bekerja di Korea Selatan bisa gagal seperti kasus-kasus yang sudah terjadi. Karena Proses Data yang nantinya akan dikirim ke HRD KOREA sangat detail tingkat validitasnya, kesalahan sekecil apapun niscaya pihak HRD KOREA akan mengetahuinya.

                                                                                           Gambar: Scan Paspor

Keterangan:
Fotocopy PASPOR adalah salah satu Syarat Daftar Tes EPS TOPIK yang utama juga seperti halnya KTP, sebaiknya dokumen yang satu ini jangan di fotocopy hitam putih tapi dianjurkan di scan lalu di print berwarna agar tulisan data yang ada di PASPOR terlihat jelas terutama bagian foto wajah kita (mata, hidung, telinga dan kuping). Jangan sampai ada kesalahan dan perbedaan data terutama NAMA dan TEMPAT TANGGAL LAHIR yang ada di PASPOR dengan dokumen lainnya seperti: Kartu Keluarga, Ijazah, Akta Lahir, KTP. Karena bisa berakibat fatal dikemudian hari dan dipastikan jika hal ini terjadi maka harapan Anda bekerja di Korea Selatan bisa gagal seperti kasus-kasus yang sudah terjadi. Karena Proses Data yang nantinya akan dikirim ke HRD KOREA sangat detail tingkat validitasnya, kesalahan sekecil apapun niscaya pihak HRD KOREA akan mengetahuinya.

Nanti sewaktu melakukan pendaftaran EPS TOPIK Anda bisa mempergunakan PASPOR atau KTP dipilih salahsatunya, tapi dianjurkan jika sudah mempunyai PASPOR digunakan untuk mendaftar TES EPS TOPIK dan bagi yang belum punya tidak apa-apa bisa menggunakan KTP asalkan datanya Valid tidak ada yang salah atau keliru.

2. Copy Ijazah Terakhir yang sudah dilegalisir.
3. Pas Photo berwarna.
                                                Gambar: Photo untuk pendaftaran Tes EPS TOPIK PBT
Keterangan:
Photo untuk syarat pendaftaran Tes EPS TOPIK berukuran 3 x 4= 4 lembar (background warna putih). Disarankan untuk memenuhi unsur estetika (kerapihan dan kepantasan) busana yang dipakai adalah kemeja (warna bebas yang penting cerah) dipadu dengan setelan Jas dan dasi, sedangkan rambut dipangkas sepanjang 2 cm (sentimeter), agar terlihat makin rapih ada baiknya rambut diberi minyak rambut supaya terlihat segar. Sebagaimana kita ketahui bahwa orang Korea dan Jepang sangat memperhatikan penampilan calon karyawannya.

4. Kertas Asli Slip Transfer Bank.
                                                                               Gambar: Slip transfer Bank

Kertas slip diatas diisi datanya nanti sewaktu di Counter Bank, seperti alamat tujuan pengiriman uang (nomor rekening, nama penerima, jumlah uang yang harus ditransfer dan Bank tujuan pengiriman uang). Khusus nomor rekening, nama penerima, jumlah uang yang harus ditransfer dan Bank tujuan transfer uang itu harus menunggu info resmi yang akan dilansir di website www.bnp2tki.go.id sewaktu info pembukaan EPS TOPIK diumumkan.

Nama pengirim uang harus nama kita sendiri yang mau mendaftar Tes EPS TOPIK jangan di wakilkan kepada orang lain karena itu bisa ditolak Panitia pendaftaran EPS TOPIK sewaktu akan mendaftar nanti, hal ini akan merugikan kita sendiri. 

 Nanti jika sudah mentarnsfer uang pendaftaran, maka kertas slip transfer divalidasi oleh petugas Teller Bank, lalu kertas slip yang sudah divalidasi tersebut akan diberikan oleh petugas Teller Bank, lalu kita bawa pulang dan simpan baik-baik karena kertas tersebut harus dibawa saat pendaftaran Tes EPS TOPIK dan ditunjukan ke petugas Panitia Pendaftaran Tes EPS TOPIK.

Demikianlah informasi tentang Syarat Daftar Tes EPS TOPIK,  semoga bermangfaat !

To be Continue

Penulis: Hermawan, S.Kom

Klik "HOME" untuk kembali ke menu utama
 
 
Blogger Templates